GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG GEJALA- GEJALA FISIK PADA MASA MENOPAUSE DI DESA GUNUNG TUA JAE KECAMATAN PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL TAHUN 2023

Authors

  • MAWADDAH STIKes Namira Madina

Keywords:

pengetahuan, ibu, menopause

Abstract

Menopause kerap ditujukan juga sebagai mati haid, merupakan salah satu  dari fase kehidupan wanita yang ditandai dengan berhentinya menstruasi secara permanen selama 12 bulan berturut-turut. Menopause disertai dengan beberapa fisik dan emosional, yang memiliki implikasi jangka pendek dan jangka panjang. Mati haid tidak memerlukan perawatan medis, sebaliknya perawatan berfokus pada menghilangkan tanda dan gejala untuk mencegah atau mengatasi kondisi kronis yang mungkin terjadi seiring dengan penuaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu menopause tentang gejala-gejala pada masa menopause di Desa Gunung Tua Jae Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2023.

Rancangan penelitian ini menggunakan gambaran dan disajikan secara deskriptif dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan presentase masing-masing karakteristik. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang telah memasuki fase menopause sebanyak 55 responden.Instrument penelitian menggunakan kuesioner dan analisis data Univariat.

Mayoritas responden berpengetahuan baik sebanyak 43 responden (78,1%) dan minoritas yang berpengetahuan cukup sebanyak 12 responden (21,9%) dan kurang tidak ditemukan. Dengan responden yang berpengetahuan baik berdasarkan tingkat pendidikan terbanyak dari SD yaitu sebanyak 24 responden (43,7%), berdasarkan pekerjaan terbanyak dari Petani yaitu sebanyak 26 responden (47,3%), berdasarkan umur terbanyak dari usia 46-55 tahun sebanyak 22 responden (40%) dan sumber informasi terbanyak dari tenaga kesehatan yaitu sebanyak 18 responden (32,7%).

Diharapkan ibu menopause menjadikan hasil karya tulis ilmiah ini sebagai informasi atau masukan bagi ibu- ibuuntuk menambah pengetahuan tentang gejala-gejala pada masa menopause. Dan semoga ibu-ibu menopause di Desa Gunung Tua Jae Kecamatan Panyabungan bisa meningkatkan lagi pengetahuannya.

Downloads

Published

2024-01-26

Issue

Section

Artikel